Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran


Peserta didik merupakan individu yang memiliki sejumlah potensi khas, baik bersifat fisik maupun psikis, sehingga antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya akan sangat berbeda. Peserta didik merupakan pribadi unik yang senantiasa berubah dan berkembang, baik berdasarkan tahapan kematangan usianya maupun sebagai respon terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya. Peserta didik adalah individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi, sehingga ia membutuhkan untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, dimana sekolah merupakan salah satu tempat yang formal untuk mendidik dan mengajar.

Hubungan antara guru dan peserta didik dapat dikatakan baik jika hubungan tersebut memiliki sifat-sifat memahami, saling terbuka, komunikasi lancar, kebebasan, serta adanya dukungan. Untuk itu, dibutuhkan guru yang mampu mengimplementasikan manajemen peserta didik dengan efektif yang disertai adanya dukungan implementasi model pembelajaran yang beragam sehingga peserta didik akan menjadi pribadi yang cerdas, kreatif, dan inovatif.

Buku ini membahas tentang profesionalisme guru; keterampilan manajerial guru; memahami peserta didik; keterampilan manajemen kelas; evaluasi hasil pembelajaran; pemotivasian peserta didik; model pembelajaran; model pembelajaran berbasis proyek; model pembelajaran pemecahan masalah; model pembelajaran sosiodrama; model pembelajaran penemuan; model pembelajaran kontekstual; serta model pembelajaran kooperatif.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *