Manajemen Kelas (Classroom Management)


Perubahan zaman telah melahirkan situasi dan kondisi baru berikut segala tantangannya dalam proses pembelajaran. Peran guru semakin kompleks, karena guru dihadapkan pada kondisi yang harus selalu terbarukan seiring dengan perubahan zaman (up to date) tanpa mengabaikan peran pentingnya sebagai ujung tombak yang membawa perubahan bagi peserta didik. Guru yang profesional adalah guru yang inspiratif dalam segala tindak tanduknya sehingga mampu memberikan keteladanan bagi peserta didik; kreatif untuk mengembangkan peserta didik dalam upaya mencapai potensinya secara optimal; menyenangkan dalam arti mampu membuat peserta didik bahagia untuk terus belajar; serta mampu menghadirkan suasana penuh prestasi bagi peserta didiknya.  Seiring dengan hal tersebut, guru dituntut untuk terampil meng­imple­mentasikan manajemen kelas dalam rangka mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat, sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Buku yang berjudul: ”Manajemen Kelas (Classroom Management): Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi”, dimana buku ini terdiri dari 11 Bab yang membahas tentang: Aspek Manajemen dalam Kelas; Ruang Kelas; Guru Profesional; Komunikasi dalam Pembelajaran; Memahami Peserta Didik; Motivasi Peserta Didik; Belajar; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran; Lingkungan Sekolah; dan Penelitian Tindakan Kelas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *